BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TEXAS CHICKEN MANADO
Abstract
Usaha restoran dewasa ini menunjukkan perkembangan yang relatif pesat, terbukti semakin banyaknya restoran asing yang siap saji merambah Manado. Hal tersebut mengindikasikan bahwa intensitas persaingan dalam bisnis restoran semakin kuat. Kecenderungan penduduk kota Manado bahwa makan di restoran fast food masih dinilai memiliki nilai sosial atau gengsi tersendiri, yang mampu mengangkat kesan akan statusnya. Peluang semacam ini dimanfaatkan oleh restoran untuk menyediakan model pelayanan jasa yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat sekitarnya. Variasi produk dan sistem pelayanan restoran fast food pada kenyataannya relatif dapat mempengaruhi keputusan pembelian sehingga dapat tercipta kepuasan pelanggan yang maksimal. Restoran fast food Texas Chicken merupakan restoran asing yang masuk ke Indonesia dalam bentuk kemitraan bisnis dengan pola franchise. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan dan parsial dari variabel bauran pemasarandan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Desain penelitian menggunakan survei, dan metode penelitian adalah metode asosiatif. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert, dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Texas Chicken Sudirman Manado.
Kata kunci: bauran pemasaran, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.