STRATEGI SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM RUMAH MAKAN PADANG RAYA SANTIAGO SARIO MANADO

Nidaullaili Latief, Silvya L. Mandey, Jeffry L. A. Tampenawas

Abstract


Suatu usaha dapat tercapai apabila pemasaran menjadi pendorong untuk meningkatkan penjualan. Banyak kasus UMKM di Indonesia yang tidak dapat melakukan strategi pemasaran yang tepat karena kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran yang ada. Salah satu bisnis UMKM yang paling banyak diminati yaitu usaha kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman, serta strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Rumah Makan Padang Raya yang berada di Kecamatan Sario Manado dengan menggunakan metode analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menggambarkan keadaan di lapangan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel pendiri pertama, pemilik dan beberapa karyawan di rumah makan ini. Hasil penelitian dengan analisis SWOT yang melalui tahap matriks EFE, IFE, SWOT kualitatif dan SWOT kuantitatif, bahwa nilai IFE=3,10 dan EFE=3,02 didapatkan berada pada kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif sehingga jenis-jenis strategi yang sesuai untuk Rumah Makan Padang Raya di Kecamatan Sario Manado adalah strategi pengembangan pasar, pengembangan produk, penetrasi pasar, integrasi mundur, integrasi kedepan, dan diversifikasi konsentris. Maka dari itu perusahaan harus mempertahankan kebutuhan konsumen agar penjualan dapat bertahan ataupun meningkat.

 

Kata Kunci: analisis SWOT, strategi pemasaran, rumah makan, UMKM, matriks IFE, matriks EFE.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.34359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.