ANALISIS PERBANDINGAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Silvana Marcelina

Abstract


Laba merupakan tujuan yang harus dicapai setiap perusahaan, maka dari itu perusahaan akan mencatat semua aktivitas perusahaan dalam sebuah laporan yang menjadi tolak ukur dalam mengevaluasi pencapaian hasil. Untuk mengetahui posisi keuangan, diperlukan alat analisis berupa rasio keuangan, salah satu rasio yang sering digunakan adalah profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perbandingan profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur tersebut. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dengan Sub Industri Food And Beverages. Sample yang digunakan sesuai kriteria terdapat 10 perusahaan. Sumber data yakni data sekunder dengan mengakses website IDX. Teknik analisis yang digunakan adalah one way Anova. Hasil penelitian menunjukan (1) Perbandingan profitabilitas pada perusahaan Food And Beverages dan dimana perusahaan Multi Bintang Indonesia Tbk, mendominasi kemampuan profitabilitas dibanding dengan perusahaan lainnya. (2) hasil pengujian jenis rasio NPM, GPM, ROI, dan ROE menunjukkan perbedaan nilai profitabilitas yang signifikan antar setiap perusahaan Food And Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bagi investor disarankan terlebih dahulu memperhatikan kemampuan perusahaan tersebut dalam menghasilkan laba.

Kata kunci: profitabilitas, NPM, GPM, ROI, ROE, one way Anova


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.