ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL, TBK─DAIHATSU SALES OPERATION CABANG MALALAYANG

Nadia Clarisa Essau, Jenny Morasa, Peter M. Kapojos

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT. Astra International, Tbk  ̶  Daihatsu Sales Operation Cabang Malalayang melalui keempat perspektif balanced scorecard yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif di mana metode ini digunakan untuk menggambarkan serta menganalisis hasil penelitian kemudian ditarik kesimpulan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada perspektif keuangan dengan menggunakan indikator Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, dan sales growth menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dalam perspektif keuangan cukup baik. Pada perspektif pelanggan dengan menggunakan indikator tingkat akuisisi pelanggan menunjukkan hasil yang baik dan tingkat retensi pelanggan menunjukkan hasil yang cukup baik. Pada perspektif proses bisnis internal dengan melihat dari proses operasi dan layanan purna jual menunjukkan bahwa kinerja perusahaan sudah baik. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan menggunakan indikator employee turnover rate, tingkat produktivitas karyawan, dan kapabilitas sistem informasi menunjukkan bahwa employee turnover rate dikatakan cukup baik dan tingkat produktivitas karyawan dan kapabilitas informasi sudah baik.

 

Kata Kunci: Balanced scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.34539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.