ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN AYAM PENYET SUGI RASA KHAS CIREBON MANADO

Jeifi D. Tambayong, Silvya L. Mandey, Imelda W. J. Ogi

Abstract


Pada era globalisasi saat ini dunia usaha berkembang dengan sangat pesat, salah satunya bisnis di bidang usaha makanan. Perubahan ekonomi yang terjadi di Indonesia ternyata tidak mempengaruhi perkembangan industri makanan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya bisnis makanan yang dibuka mulai dari yang berskala kecil, sedang, hingga berskala besar dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Marketing Mix (4P) yang meliputi: Product, Price, Place dan Promotion terhadap Keputusan Pembelian di rumah makan ayam penyet sugi rasa khas cirebon manado. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif. terknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket), dengan jumlah sampel 97 responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan cara menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasi penelitian menunjukan bahwa variabel bauran pemasaran (4P) yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion berpengaruh terhadap keputusan pembelian di rumah makan ayam penyet sugi rasa khas cirebon manado. Saran untuk rumah makan ayam penyet sugi rasa khas cirebon manado, agar lebih meningkatkan kegiatan promosi di gegaring sosial media dan juga memperhatikan lokasi tempat parkir agar konsumen lebih tertarik untuk berkunjung dan melakukan pembelian.

 

Kata kunci: Product, Price, Place dan Promotion Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.