PENGARUH MARKET RISK, LEVERAGE DAN COMPANY SIZE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS DI BURSA EFEK INDONESIA

Ningrum Jesika, Paulina Van Rate, Joy Elly Tulung

Abstract


Investasi merupakan kegiatan menempatkan dana pada satu atau lebih asset yang dilakukan pada saat ini dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dimasa mendatang. Salah satu pilihan investasi adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh Market Risk (beta), Leverage (debt to equity ratio) dan Company Size (size) terhadap return saham. Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan consumer goods di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel penelitian ini adalah 20 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beta tidak berpengaruh terhadap return saham, dengan nilai signifikansi sebesar 0,142>0,05. (2) Debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return saham, dengan nilai signifikansi sebesar 0,354>0,05. (3) Size tidak berpengaruh terhadap return saham, dengan nilai signifikansi sebesar 0,511>0,05. (4) Beta, debt to equity ratio dan size tidak berpengaruh terhadap return saham, dengan nilai signifikansi sebesar 0,241>0,05. Oleh karena itu, diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan menambah atau menganti variabel yang dapat mempengaruhi hasil penelitian.

 

Kata Kunci : beta, debt to equity ratio, size dan return saham


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.