PENGARUH KEPERCAYAAN DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AXA FINANCIAL INDONESIA KANTOR PEMASARAN MANADO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan AXA Financial Indonesia Kantor Pemasaran Manado. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif, yaitu penelitian dengan menggunakan dua atau lebih variabel guna mengetahui hubungan atau pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah AXA Financial Indonesia Kantor Pemasaran Manado tahun 2016 sampai 2020 dengan jumlah 1.486 nasabah dengan sampel sebanyak 94 nasabah yang dihitung menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel Non-probability Sampling, dengan jenis teknik yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau karakteristik tertentu. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Kepercayaan dan Relationship Marketing secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Loyalitas Pelanggan AXA Financial Indonesia Kantor Pemasaran Manado. Secara parsial variabel Kepercayaan dan Relationship Marketing berpengaruh signifikan dan positif terhadap Loyalitas Pelanggan AXA Financial Indonesia Kantor Pemasaran Manado.
Kata kunci: kepercayaan, relationship marketing, loyalitas pelanggan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.