PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, LOKASI, SUASANA TOKO, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PARAGON MART KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Nadira Badarudin, Willem J. F. A. Tumbuan, Imelda W. J. Ogi

Abstract


Di era globalisasi persaingan sangat dibutuhkan perusahaan yang ingin berhasil. Seiring berjalannya bisnis banyak perusahaan yang bersaing agar memiliki posisi terbaik pasar. Kebutuhan hidup manusia adalah berbelanja baik bagi laki-laki maupun perempuan. Niat beli produk bagi konsumen muncul dari sebuah keinginan, Banyaknya pusat perbelanjaan yang didirikan maka persaingan semakin tinggi. Perkembangan bisnis saat ini disebabkan oleh perubahan pola pikir manusia yang dinamis dengan dasar inilah kegiatan dasar sangat dibutuhkan organisasi maupun perusahaan. perkembangan pola hidup masyarakat Indonesia semakin maju dan mengalami arus perubahan yang semakin hari semakin kompleks dari segi sosio-ekonomi maupun dari aspek sosio-budaya.  Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui faktor keragaman produk (merchandise), harga (price), lokasi (location), suasana toko (atmosphere), dan promosi (Promotion), berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Paragon Mart. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa baik secara simultan atau pun parsial Keragaman Produk, Lokasi, Suasana Toko, dan Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Paragon Mart Tahuna. Untuk Paragon Mart Tahuna agar dapat lebih memperhatikan faktor-faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini sehingga dapat di tingkatkan dan di pertahankan menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian di Paragon Mart Tahuna.

 

Kata Kunci: keragaman produk, lokasi, suasana toko, promosi, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.