PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN RETAIL TRADE DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2019
Abstract
Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan dari pemilik perusahaan dan investor, semakin tinggi nilai perusahaan maka akan semakin tinggi juga kemakmuran yang akan dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Retail Trade di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan, yaitu metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 8 perusahaan dari 26 populasi perusahaan Retail Trade yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dilihat dari hasil thitung 4,249 > ttabel 2,028 dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,00. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dilihat dari hasil thitung 1,963 < ttabel 2,028 dengan taraf signifikansi yang lebih besar dari 0,05 yaitu 0,057. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan dibuktikan dengan hasil thitung 11,548 > ttabel 2,028 dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,00. Kemudian, secara simultan Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan yang dibuktikan dengan hasil dari Uji F dimana Fhitung 46,631 > Ftabel 2,87 dengan angka signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,00.
Kata Kunci: struktur modal, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan nilai perusahaan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34929
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.