PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA CITRALAND REAL ESTATE MANADO)

Michael F. Sulong, Silcyjeova Moniharapon, Rudy S. Wenas

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian konsumen sebagai variabel intervening di Citraland Manado. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling, hal ini dilakukan karena anggota populasi yakni konsumen yang memiliki rumah di perumahan Citraland Manado memiliki peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel, untuk menentukan jumlah ukuran sampel peneliti menggunakan  rumus Slovin sebagai dasar untuk menentukan jumlah sampel yang kemudian mendapatkan hasil sebanyak 94 sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Teknik analisis data menggunakan metode analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, pengaruh langsung experiential marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, keputusan pembelian konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan experiential marketing melalui keputusan pembelian secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. 

 

Kata Kunci: Experiential marketing, kepuasan konsumen, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.