STRATEGI RELATIONSHIP MARKETING DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK “KASIH IBU” MANADO
Abstract
Perubahan standar dan kualitas pelayanan dalam perusahaan jasa saat ini begitu pesat baik inovasi teknologi, produk dan sistem pelayanan. Apa sebenarnya yang diinginkan konsumen dari sebuah perusahaan jasa, ukurannya, popularitasnya, atau kemampuannya dalam memberi pelayanan atau promosi, ternyata kualitas pelayanan masih menjadi titik sentral sebuah perusahaan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari strategi relationship marketing dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian adalah metode asosiatif dengan menggunakan analisis uji asumsi klasik dan regresi linier berganda Populasi sebanyak 3117 dan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi relationship marketing dan promosi berpengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial, terhadap kepuasan konsumen.
Kata kunci: relationship marketing, promosi, kepuasan konsumen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.3580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.