ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PT. BANK SULUTGO MANADO

Syallom O.P. Gumolili, Jenny Morasa, Heince R.N. Wokas

Abstract


Bagi suatu perusahaan salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kondisi perusahaan yang optimal dalam perkembangannya maka salah satu konsep yang digunakan yaitu Implementasi Total Quality Management (TQM) yang berorientasi kepada berbagai proses dan sumber daya manusia atau karyawan. Dikarenakan TQM dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dalam persaingan dunia bisnis. PT. Bank SulutGo salah satu perbankan yang memberikan pelayanan berbasis finansial terhadap masyarakat dan mengedepankan kinerja yang maksimal dari setiap karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan dan Implementasi Total Quality Management (TQM) Pada PT. Bank SulutGo. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan berdasarkan unsur-unsur Total Quality Management. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi TQM pada PT. Bank SulutGo telah memenuhi unsur utama Total Quality Management dan memberikan pengaruh positif dalam peningkatkan terhadap kinerja manajerial yang ditunjukkan oleh peningkatan perencanaan, pengkoordinasian, pengawasan dan evaluasi dan kemajuan perusahaan. Juga mampu meningkatkan kinerja keuangan yang ditunjukkan dalam angka rasio profitabilitas.

 

Kata kunci: Total Quality Management, Kinerja Manjerial, Kinerja Keuangan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.