PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI MARKETPLACE SHOPEE PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT)

Brenda R. Leonardo, Rudy S. Wenas, Jane G. Poluan

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi khususnya internet mengalami perkembagan sangat cepat dan perkembangan teknologi internet telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia karena saat ini internet telah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Shopee Indonesia adalah salah satu pusat perbelanjaan online yangdikelola oleh Garena dan berubah nama menjadi SEA Group. Shopee Indonesiaresmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT.Shopee Internasional Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di Marketplace Shopee.Penelitian ini merupakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Unsrat, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu rumus slovin, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.Analisis data berupa analisis regresi linier berganda.Dari hasil uji secara simultan diperolehKualitas Produk, Promosi, dan Harga berpengaruh secara positif dan signifikanterhadap Kepuasan Pelanggan, serta uji secara parsial diperoleh Kualitas Produksecara Parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap KepuasanPelanggan, Promosi secara Parsial berpengaruh secara positif dan signifikanterhadap Kepuasan Pelanggan, dan Harga secara parsial tidak berpengaruhterhadap Kepuasan Pelanggan.

 

Kata Kunci: Kualitas produk, promosi, harga, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.