ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN ANTARA GO-JEK DAN GRAB DI KOTA MANADO

Jesaya Wahani, James D. D. Massie, Jane Grace Poluan

Abstract


Dunia pemasaran saat ini terus berkembang dan berubah dari konsep pemasaran tradisional menuju konsep pemasaran modern sehingga para pelaku bisnis dituntut harus selalu mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada pasar dan mampu menciptakan ide-ide yang kreatif agar produk yang ditawarkan dapat menarik perhatian konsumen, kegiatan yang harus dilakukan oleh perusahaan dipengaruhi juga oleh tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat pertumbuhan penduduk yang terus naik berdampak juga terhadap tingkat kebutuhan masyarakat seperti transportasi, dari sejumlah penyedia layanan transportasi, Go-jek dan Grab memang masih yang paling menonjol dalam persaingan pasar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dari lima dimensi kualitas pelayanan antara Go-Jek dan Grab di Kota Manado. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang melibatkan 97 responden pengguna Go Jek dan Grab di Kota Manado dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dan bentuk data disajikan dalam bentuk statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari antara lima variabel kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy hanya variabel empathy yang hasilnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan kemudian empat variabel lainnya didapati memiliki perbedaan yang signifikan.

 

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, kualitas pelayanan, tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.