PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ERA NEW NORMAL PADA STARBUCKS MANADO TOWN SQUARE
Abstract
Melihat perkembangan perusahaan yang bergerak dibidang food and beverage di Indonesia yang semakin meningkat, produsen mulai mencari inovasi agar dapat memenuhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di era new normal pada Starbucks Manado Town Square. Penelitian ini merupakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji secara parsial diperoleh kualitas produk tidak berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen, serta uji secara simultan diperoleh kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan konsumen Starbucks Manado Town Square.
Kata Kunci: Pemasaran, kualitas, produk, pelayanan, kepuasan konsumen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.