PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. AKE MAUMBI

Tirta I. Manoy, Lisbeth Mananeke, Rotinsulu J. Jorie

Abstract


Keputusan konsumen untuk membeli produk dipengaruhi persepsi yang dimiliki terhadap produk yang akan dibelinya. Persepsi tersebut meliputi bentuk, warna, rasa, kemasan, kualitas produk, harga, dan distribusi produk. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV Ake Maumbi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan pada CV Ake Maumbi. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 63 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada CV Ake Maumbi. CV Ake Maumbi meningkatkan dan tetap menjaga kualitas produk disaat mulai bermunculan pesaing baru sejenis sehingga dapat menyakinkan dan memberikan bukti bahwa persepsi pelanggan sesuai yang diharapkan. Selain itu juga perlu menjaga terjaminnya kualitas rasa, warna, dan kebersihan dari air Ake.

 

Kata Kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.