ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MEMBELI OBAT DI APOTIK (STUDI KASUS DI “APOTIK SHALOM”). KOTA GUNUNGSITOLI
Abstract
Perkembangan dunia bisnis yang semakin modern ini dan tingginya tingkat permintaan pasar terhadap suatu produk membuka peluang bisnis bagi para pengusaha salah satunya adalah dalam bidang usaha apotik. Apotik sebagai usaha yang mudah untuk dilakukan dan tidak mengherankan lagi apabila jenis usaha ini sangat diminati oleh kalangan pengusaha, maupun para apoteker sendiri, karena tidak menanggung biaya produksi. Penulis menggunakan jenis penelitian Riset kualitatif yaitu jenis penelitian yang didasarkan pada data kualitatif yakni dalam bentuk pernyataan-pernyataan atau kalimat. Oleh karena itu mengingat populasi lebih dari 100 orang, maka dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah 50 orang dari keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah pengamatan (Observasi), wawancara (Interview) data sekunder, dengan memperoleh data dari berbagai literatur atau buku-buku yang berhubungan denganv masalah pokok dalam penelitian. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa faktor ekonomi, dimana obat yang ada di Apotik Shalomt Kota Gunungsitoli memiliki harga yang dapat dijangkau oleh setiap pembeli serta adanya. Faktor yang lebih kuat mempengaruhi konsumen untuk membeli obat tersebut yaitu faktor sosial, dimana faktor ini sangat mempengaruhi para pembeli untuk memilih obat yang mereka beli. Faktor psikologis dimana bisa mempengaruhi lingkungan dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpa mengabaikan pengaruh dimasa lampau atau antisipasinya pada waktu yang akan datang. Faktor pribadi didefinisikan sebagai karakteristik psikologis seseorang yang berbeda dengan orang lain yang menyebabkan tanggapan yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan.
Kata kunci: Analisis Faktor, Perilaku Konsumen.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.