PENGARUH INFLASI, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN RATIO AKTIVITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR PERIODE 2015-2018

Anggelia B. Nursalim, Paulina Van Rate, Dedy N. Baramuli

Abstract


Nilai perusahaan merupakan persepsi setiap investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan, dan selalu dikaitkan dengan harga saham, dimana harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Profitabilitas, Solvabilitas dan Rasio Aktivitas terhadap Nilai Perusahaan sektor manufaktur periode 2015-2018. Sampel berjumlah 21 Perusahaan dengan menggunakan metode Purposive sampling, Alat analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan Inflasi dan Rasio Aktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan sedangkan Profitabilitas, Solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan secara stimultan Inflasi, Profitabilitas, Solvabilitas dan Rasio Aktivitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dalam upaya meningkatkan nilai Perusahaannya, Perusahaan harus memperhatikan apa saja keputusan yang tepat dalam menjalankan strateginya untuk meningkatkan nilai Perusahaan.

 

Kata Kunci: Inflasi, profitabilitas, solvabilitas, rasio aktivitas, nilai perusahaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.