ANALISIS REFERENCE GROUP, ENDORSMENT DAN PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN TOP UP DALAM GAME MOBILE PUBG PADA MAHASISWA FEB UNSRAT

Christky Kindly Lumi, Altje L. Tumbel, Imelda. W. J. Ogi

Abstract


Game mobile PUBG adalah salah satu game yang paling banyak dimainkan di kalangan mahasiswa. Bagi produsen game, keputusan top up pemain tidak kalah penting dibanding dengan jumlah pemain game itu sendiri sehingga penting untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi keputusan top up. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh reference group, endorsment dan promotional mix terhadap keputusan top up dalam Game mobile PUBG pada Mahasiswa Feb Unsrat. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, dengan mengacu pada rekomendasi Frankel dan Wallen terkait jumlah minimum sampel, penelitian ini menggunakan 100 responden. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien  determinan, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan, reference group, endorsment dan promotional mix berpengaruh signifikan terhadap keputusan top up, secara parsial reference group, endorsment dan promotional mix juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan top up. Berdasarkan uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi, diketahui bahwa reference group, endorsment dan promotional mix memiliki pengaruh sebesar 89,3% terhadap keputusan top up dan masuk dalam kategori hubungan yang sangat kuat. Saran untuk perusahaan sebaiknya terus meperhatikan faktor-faktor reference group, endorsment dan promotional mix melalui kebijakan-kebijakan dan program-program yang saling terintegrasi satu dengan yang lain untuk dapat meningkatkan keputusan top up.

 

Kata Kunci: reference group, endorsement, promotional mix, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.