PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. UNILEVER, TBK CABANG AMURANG DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Perusahaan harus mampu mendistribusikan atau menyampaikan produk dengan kualitas yang baik agar pelanggan memperoleh kemudahan untuk mendapatkan produk. Dengan adanya pemilihan distribusi yang tepat oleh perusahaan maka pelanggan akan merasa puas atas produk yang diberikan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan distribusi terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Unilever, Tbk cabang Amurang dimasa pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh outlet/pelanggan pada PT. Unilever, Tbk cabang Amurang. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 82 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan distribusi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk dan distribusi secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Unilever, Tbk cabang Amurang dimasa pandemi covid-19. Meningkatkan dan tetap menjaga kualitas produk disaat mulai bermunculan pesaing baru sejenis sehingga dapat menyakinkan dan memberikan bukti bahwa persepsi pelanggan sesuai yang diharapkan.
Kata Kunci: kualitas produk, distribusi, kepuasan pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.