PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PADA RUMAH ALAM MANADO ADVENTURE PARK
Abstract
Seiring Media promosi merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk mengiklankan suatu produk atau jasa agar menghasilkan penjualan. Strategi pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi adalah dengan menggunakan media sosial antara lain; facebook, intagram, we chat, whatsapp dan wikipedia. Media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pengunjung pada Rumah Alam Manado adventure Park adalah facebook dan intagram. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui dan memahami pemanfaatan media sosial sebagai media promosi pariwisata pada rumah alam Manado Adventure Park, 2) untuk mengetahui dan memahami dampak pemanfaatan media sosial sebagai media promosi pariwisata pada rumah alam Manado Adventure Park. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 33 orang, yaitu pengunjung 30 orang, karyawan 2 orang, dan manajer 1 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan, mencatat dan, menganalisis pemanfaatan media sosial bagi pengembangan tempat pariwisata. Teknik Pengumpulan data antara lain penyebaran kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Alam Manado Adventure park telah memanfaatkan media sosial (Instagram, Facebook, WeChat, dan Wikipedia/google) sebagai alat pemasaran produk dengan baik, sehingga penjualan dapat meningkat. Rumah Alam Manado Adventure park telah melakukan kegiatan promosi melalui media sosial dengan sangat efektif. Pihak manajemen sebaiknya perlu meningkatkan promosi pemasaran melalui media sosial bagi pengembangan tempat pariwisata.
Kata Kunci: Media sosial, media promosi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37809
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.