PENGARUH PENGALAMAN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA MANADO

Jeremia G. C Rumtotmey, Joyce S. L. H. V. Lapian, Merinda H. C. Pandowo

Abstract


Suatu instansi didirikan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, yang pada umumnya adalah bertahan hidup, berkembang, dan menghasilkan laba. Untuk mencapai tujuan tersebut pihak manajemen instansi harus dapat mengoptimalkan faktor-faktor yang dimiliki oleh instansi seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, modal, mesin dan teknologi serta faktor produksi lainnya dalam menjalankan aktivitas usahanya.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui Pengaruh Pengalaman Kerja, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap kinerja  Pegawai Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Manado. Penelitian ini mengunakan pendekatan asosiatif metode penelitian mengunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini sebesar 72 orang dan sampel adalah sebagian dari jumlah populasi sebanyak 42 orang responden. Analisis data mengunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukan Pengalaman Kerja, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja Pegawai, Pengalaman Kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, Disiplin Kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dan lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kinerja pegawai.

 

Kata Kunci: Pengalaman kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja dan kinerja pegawai


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.