PENGARUH KESELAMATAN KESEHATAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS KESEHATAN PROVINSI SULAWESI UTARA

Rico Rorimpandey, Olivia S. Nelwan, Rita N. Taroreh

Abstract


Suatu instansi didirikan dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya, yang pada umumnya adalah bertahan hidup, berkembang, dan menghasilkan laba. Untuk mencapai tujuan tersebut pihak manajemen instansi harus dapat mengoptimalkan faktor-faktor yang dimiliki oleh instansi seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, modal, mesin dan teknologi serta faktor produksi lainnya dalam menjalankan aktifiktas usahanya. Kinerja pegawai merupakan aspek penting dalam sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Disipli Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 233 dan besaran sampel sebagian dari jumlah populasi 70 orang. Teknik analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas serta uji hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Hasil Keselamatan Kesehatan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Disiplin Kerja secara simultan berpengaruh signifikan pada Kinerja Pegawai. Keselamatan Kesehatan kerja secara parsial berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Komitmen organisasi secara parsial berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

 

KataKunci: Keselamatan dan kesehatan kerja, komitmen organisasi, disiplin kerja, kinerja pegawai


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.