ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. INDOGROSIR MANADO
Abstract
Perkembangan bisnis di Indonesia menunjukkan kemajuan yang baik. Bisnis ritel pun menjadi salah satu ujung tombak bagi perekonomian bangsa dan merupakan salah satu sektor utama perekonomian yang mendukung dan mendatangkan keuntungan besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di PT.Indogrosir Manado. Populasi penelitian adalah pelanggan yang berbelanja di PT. Indogrosir Manado dengan sampel sebanyak 100 orang responden, di hitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan kuisioner dan kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitaif dan teknik analisa data yang menggunakan regresi linear berganda serta dilakukan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Promosi Penjualan secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Indogrosir Manado, sedangkan variabel Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT.Indogrosir Manado. Secara simultan variabel promosi penjualan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di PT.Indogrosir Manado.
Kata Kunci: Promosi penjualan, harga dan kepuasan pelanggan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.