PENGARUH CITRA MEREK, KELOMPOK ACUAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAYANAN INTERNET INDIHOME DI PT. TELKOM TOMOHON

Jordi F. R. Kambey, Silcyljeova Moniharapon, Agus Supandi Soegoto

Abstract


Keputusan pembelian merupakan tahap dalam proses pengambilan keputusan di mana konsumen benar-benar membeli. Terjadi penurunan pelanggan terdaftar layanan internet pada PT. Telkom Tomohon tahun 2020. Penurunan pelanggan tersebut diakibatkan karena pelanggan berpindah menggunakan produk pesaing dan pemutusan layanan karena menunda pembayaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh citra merek, kelompok acuan dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian layanan internet Indihome PT. Telkom Tomohon baik secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian berjumlah 160 orang. Sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dan didapat sebanyak 115 sampel. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan citra merek, kelompok acuan dan persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek secara parsial bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara kelompok acuan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek dan persepsi harga memiliki kontribusi terhadap keputusan pembelian, maka pihak PT.Telkom Tomohon sebaiknya memperhatikan citra merek perusahaan dan persepsi harga untuk menaikan keputusan pembelian konsumen.

 

Kata Kunci: Citra merek, kelompok acuan, persepsi harga, keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.