PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Marsah Ivana Matheos, Djurwati Soepeno, Michael Ch. Raintung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi di Manado. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui kuesioner. Total jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 3.605 orang mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi di Manado, sedangkan penentuan sampel digunakan rumus slovin dengan hasil sebanyak 97 orang responden yang akan dibagikan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan metode uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif tapi tidak  signifikan, sedangkan kualitas produk, dan celebrity Endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Tetapi kualitas produk, harga, dan celebrity endorser  secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Wardah pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.