PERBEDAAN SIKAP KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN NIU GREEN TEA DAN THE BOTOL SOSRO (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNSRAT)

Novel C. Waani, Maryam Mangantar, Yantje Uhing

Abstract


Sikap konsumen ini merupakan perilaku yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap suatu produk tertentu. Sikap yang penting dan sangat diperlukan untuk memahami peran sikap dalam perilaku konsumen. Sikap konsumen akan mempengaruhi pilihannya dalam membeli, dimana seseorang mempunyai sikap terhadap segala sesuatu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap konsumen dalam keputusan pembelian Niu Green Tea dan Teh Botol Sosro. Perbedaan sikap konsumen ini dilihat dari komponen-komponen sikap diantaranya adalah: komponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif/perilaku. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komperatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji. Objek penelitian ini adalah mahasiswa FEB Unsrat. Besaran sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden dan pengambilan sampel menggunakan sampel aksidental yaitu konsumen yang kebetulan ditemui di lokasi penelitian. Penelitin ini menggunakan analisis Uji t-Sampel Bebas (Independent Sample t-Test). Hasil penellitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap konsumen dalam keputusan pembelian Niu Green Tea dan Teh Botol Sosro. Sikap konsumen yang tergolong positif harus terus dipertahankan dan ditingkatkan agar kesan konsumen secara umum yang bersifat estetika produk dan kualitas fisik dari produk minuman.

 

Kata Kunci: Sikap konsumen, komponen kognitif, afektif, perilaku


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.