ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA MANAJERIAL PADA PT. DAYANA CIPTA MANADO

Ricky Tiho, Arrazi B. H. Jan, Merlyn M. Karuntu

Abstract


Abstrak: Perkembangan perekonomian Indonesia yang semakin kompetitif menyebabkan persaingan di dunia bisnis semakin meningkat. Sejalan dengan upaya peningkatan kualitas, Total Quality Management adalah salah satu pendekatan yang direkomendasikan. Total Quality Management merupakan suatu sistem yang dapat dikembangkan menjadi pendekatan dalam usaha untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produksi, jasa, tenaga kerja dan proses. PT. Dayana Cipta merupakan  perusahaan jasa yang bergerak dibidang konstruksi telah mengikuti pekembangan sistem dalam kaitannya dengan bisnis jasa konstruksi terlebih khusus dalam penerapan total quality management, namun hal ini tentu belum sepenuhnya optimal dikarenakan sering terjadi kendala-kendala yang dapat mengahambat pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis konsep dan unsur- unsur Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan kinerja manajerial pada PT. Dayana Cipta Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sampel yang diambil di PT. Dayana Cipta Manado. Penelitian ini menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, PT. Dayana Cipta Manado telah menerapkan unsur dalam Total Quality Management (TQM) sesuai dalam pelaksanaan manajemen perusahaan, tetapi untuk unsur pendidikan dan pelatihan belum diterapkan secara optimal dalam perusahaan.

 

Kata Kunci: Total Quality Management, Kinerja Manajerial

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.