Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah

Marcellino Sandy Mikhael Korengkeng, willem J. F. A Tumbuan, Raymond Ch Kawet

Abstract


Strategi pemasaran merupakan salah satu hal penting dalam menjamin produk atau jasa dari satu perusahaan digunakan oleh masyarakat. Bank sebagai salah satu lembaga keuangan resmi juga memperhitungkan strategi pemasaran jasa keuangan dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi strategi pemasaran jasa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari untuk meningkatkan jumlah nasabah. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan analisis SWOT dan sampel penelitian adalah gabungan karyawan dan nasabah bank ini sebanyak 175 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari berada pada kuadran I (satu) yaitu growth, dimana kuadran tesebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Manajemen Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari harus menambah tenaga marketing, terutama pada bagian pembiayaan nasabah dan mempertahankan nasabah yang sangat berpotensi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.