Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Review Online Yang Di Mediasi Oleh Niat Beli Terhadap Kepuasan Konsumen Es Cream Aice (Studi Pada Konsumen Milenial di Manado)

Marcella Veren Tatael, Agus Supandi Soegoto, Jane Grace Poluan

Abstract


Permasalahan yang terkait dengan merek es krim Aice adalah pada motivasi konsumen pada niat membeli. Dimana sering kurang dipahami secara mendalam apa yang secara signifikan melatarbelakangi sehingga konsumen memiliki niat untuk membeli hal ini menjadi permasalahan yang perlu diteliti khususnya pada perusahaan distribusi es Aice di Kota Manado dan sekitarnya. Penelitian ini merupakan kuantitatif khususnya penelitian di bidang manajemen pemasaran dengan melakukan survei data berupa data primer. Pengambilan data dikarenakan dalam situasi pandemi Covid-19 dilakukan secara daring menggunakan Google Form. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial di Kota Manado. Pengambilan sampel secara purposif sampling. Jumlah sampel minimal adalah 350 responden, dan responden yang berpartisipasi adalah 352 partisipan. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji instrumen penelitian, uji hipotesis dan analisis jalur dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan review online berpengaruh langsung secara signifikan terhadap niat beli baik secara parsial maupun secara simultan konsumen es cream Aice pada generasi milenial di Manado. Kualitas produk dan review online berpengaruh signifikan baik langsung maupun secara tidak langsung terhadap kepuasan konsumen yang dimediasi oleh niat beli baik secara parsial maupun secara simultan konsumen es cream Aice pada generasi milenial di Manado. Niat beli berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen es cream Aice pada generasi milenial di Manado.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.