PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MINUMAN AIR MINERAL CLUB DI KOTA MANADO

Risa Christy Ali, Silvya L Mandey L Mandey, Rudy S. Wenas S Wenas

Abstract


Abstrak: Keunggulan bersaing merupakan kumpulan faktor-faktor yang nantinya membedakan suatu perusahaan dari pesaingnya dan memberikan perusahaan tersebut posisi tersendiri di dalam pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada penjualan minuman air mineral club di kota manado, untuk menganalisis bauran pemasaran berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada penjualan minuman air mineral club di kota manado, untuk menganalisis kepuasan konsumen berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada minuman air mineral club di kota manado. Metode analisis yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi dan sampel dalam penelitian adalah konsumen club dengan besar sampel 100 responden. Metode pengumpulan data yang di lakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data yaitu berupa kuisoner. Hasil penelitian secara simultan di peroleh bahwa bauran pemasaran dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Bauran pemasaran secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing air mineral club sehingga hipotesis di terima. Kepuasan konsumen secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing air mineral club sehingga hipotesis di terima.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.