PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada PT. BRI (persero) Tbk. Kantor Cabang Manado)

Vega Irianti Putri, Bernhard Tewal, Mac Donald B. Walangitan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas karyawan dalam hubungan dengan reward dan punishment serta kepuasan kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Manado. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling technique, dengan besaran sampel 48 karyawan tetap. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) yaitu model analisis linear berganda dengan variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Karyawan. 2. Punishment berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Loyalitas Karyawan. 3. Reward dan Punishment secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Karyawan. 4. Kepuasan Kerja tidak memoderasi pengaruh Reward terhadap Loyalitas Karyawan. 5. Kepuasan Kerja tidak memoderasi pengaruh Punishment terhadap Loyalitas Karyawan.

 

Kata Kunci: reward, punishment, kepuasan kerja, dan loyalitas karyawan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.