Strategi Pemasaran Pada Cafe Van Ommen Coffee Sho Manado : Analisis SWOT

Dody Setiawan

Abstract


Saat ini kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup modern bagi banyak orang. Tujuan orang pergi ke Coffee Shop bukan hanya untuk sekedar minum kopi, melainkan untuk menghabiskan waktu luang dan bersantai dengan rekan- rekan maupun keluarga, karena budaya minum kopi sudah melekat pada masyarakat Indonesia sejak lama. Pada akhirnya hal ini menimbulkan persaingan yang ketat bagi pengusaha yang menggeluti bidang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada Van Ommen Coffee Shop, berdasarkan analisis SWOT. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan pengaruh lingkungan bisnis baik eksternal maupun internal sekaligus menentukan strategi pemasaran pada Van Ommen Coffee Shop. Hasil penelitian ini melalui analisis SWOT ditemukan bahwa matriks IFAS mendapatkan total skor 3, matriks EFAS mendapatkan total skor 3, kemudian Diagram SWOT posisi Van Ommen Coffee Shop berada pada kuadran I, yaitu pada tahap pertumbuhan yang agresif, dan matriks SWOT ditemukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Van Ommen Coffee Shop yakni mempertahankan kualitas produk, mempertahankan loyalitas konsumen agar dapat bertahan di tengah persaingan, meningkatkan konsistensi rasa, dan meningkatkan kualitas pelayanan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.