ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN LABA PADA INDUSTRI FOOD AND BAVERAGES PERIODE 2017-2019

Tamara Putri Indahsari, Sri Murni, Joy Elly Tulung

Abstract


Sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan salah satunya adalah industri manufaktur food and beverages. Keberadaan industry food and beverages di pasar modal Indonesia tentunya untuk menarik investor membeli saham yang diperdagangkan. Sehingga penilaian investor mengenai perusahaan menjadi sangat penting. Pertumbuhan laba yang diperoleh perusahaan sangat penting bagi pemakai laporan keuangan karena mereka dapat menentukan apakah terdapat peningkatan atau penurunan kinerja keuangan suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan laba pada industri food and beverages periode 2017-2019. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian mrnunjukkam bahwa uji simultan menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang diukur dengan current ratio, rasio leverage yang diukur dengan debt to equity ratio, rasio aktivitas yang diukur dengan total asset turnover dan rasio profitabilitas yang diukur dengan net profit ratio secara bersama-sama berpengaruh tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Uji secara parsial menunjukkan bahwa rasio likuiditas yang diukur dengan current ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. rasio leverage yang diukur dengan debt to equity ratio berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba, rasio aktivitas yang diukur dengan total asset turnover berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba dan rasio profitabilitas yang diukur dengan net profit margin berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.