ANALISIS PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION TERHADAP NIAT BELI PRODUK TELKOMSEL (STUDI PADA MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO
Abstract
Konsumen dalam mengumpulkan niatnya untuk membeli produk merupakan yang faktor penting dalam menilai strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Tujuan penelitian Menganalisis Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Niat Beli Produk Telkomsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat yang berjumlah 140 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penentuan sampel Roscoe yaitu pengambilan sampel berdasarkan sampel minimal dengan perhitungan jumlah variabel dikali 10. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang responden. Analisis data menggunakan uji F, uji t untuk pengujian hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa Integrated Marketing Communication (advertising, public relation, sales promotion, personal selling, direct marketing, online marketing) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk. Berdasarkan pengujian secara parsial ditemukan bahwa advertising, sales promotion dan personal selling berpengaruh positif tidak signifikan terhadap niat beli produk. Selanjutnya public relation, direct marketing dan online marketing berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli produk. Perusahaan sebaiknya semakin memperhatikan variabel advertising, sales promotion dan personal selling karena memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap niat beli produk Telkomsel.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39969
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.