ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PADA PENUMPANG KAPAL MAJESTIC DAN KAPAL SAINT MARRY DI PELABUHAN MANADO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara bukti fisik (tangible), empati (empathy), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan (assurance) pada penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry. Pengukuran kualitas pelayanan terhadap kedua objek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Tjiptono yang di dalamnya terdapat 5 dimensi yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. adalah 96 orang pada penumpang kapal Majestic dan 96 orang pada penumpang kapal Saint Marry di pelabuhan Manado. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji dengan menggunakan analisis uji beda (Independent Sample t-Test). Hasil penellitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara bukti fisik (tangible) pada penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry, terdapat perbedaan yang signifikan antara empati (empathy) pada penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry, terdapat perbedaan yang signifikan antara keandalan (reliability) pada penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry, terdapat perbedaan yang signifikan antara daya tanggap (responsiveness) pada penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara jaminan (assurance) pada penumpang kapal Majestic dan kapal Saint Marry.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39980
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.