EFEKTIVITAS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA PT BANK SULUTGO CABANG AIRMADIDI

Loudry Nathanael Agung Lumunon, Paulus Kindangen, Ferdinand Tumewu

Abstract


Abstrak: Mengantri merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan sering ditemui dalam fasilitas-fasilitas pelayanan umum. Antrian terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara permintaan pelayanan dan kapasitas sistem yang menyediakan pelayanan. Pada penelitian ini menganalisis penerapan model M/M/S pada sistem antrian PT. Bank SulutGo cabang Airmadidi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui seberapa baik kinerja sistem antrian dan tingkat efektivitas sistem antrian di PT. Bank SulutGo cabang Airmadidi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. berdasarkan analisis data diatas Model antrian di Bank SulutGo cabang Airmadidi tingkat kedatangan nasabah berdistribusi Poisson, dan waktu pelayanan tidak terdistribusi eksponensial, melainkan terdistribusi Normal,. Waktu tunggu nasabah juga tidak terlalu lama. Dilihat dari data yang telah dikumpulkan dan melakukan perhitungan, waktu ratarata menunggu nasabah yaitu 7 – 9 menit hasil ini menunjukkan sistem antrian yang diterapkan belum cukup baik dan efektif dan juga pelayanan yang diberikan belum cukup optimal, karena upaya untuk melayani nasabah sebaik mungkin karena Bank SulutGo cabang airmadidi menentukan standar waktu pelayanannya yaitu rata-rata 5 menit untuk setiap transaksinya.

Kata Kunci: Sistem Antrian, Efektivitas, Pelayanan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.40169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.