PENGARUH KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN YANG BERBELANJA SECARA ONLINE DI LAZADA.COM

Nadya Retty Masiaga, Frederik G. Worang, Yunita Mandagie

Abstract


Kepuasan yang dirasakan pelanggan saat berbelanja secara online merupakan faktor penting dalam upaya setiap e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kota Manado Yang Berbelanja Secara Online Di Lazada.Com Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Kota Manado yang berbelanja secara online di Lazada.Com. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik penentuan sampel menggunakan pendapat Roscoe dimana jumlah kuesioner yang dibagikan sebanyak 100 buah kuesioner dengan asumsi jika kuesioner terisi lebih dari 30 maka data bisa dilanjutkan untuk diolah. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 100 orang responden.  Analisis data menggunakan uji F, uji t untuk pengujian hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa keamanan dan kepercayaan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang berbelanja secara online di Lazada.com Kota Manado. Berdasarkan pengujian secara parsial ditemukan bahwa keamanan berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan yang berbelanja secara online di Lazada.com Kota Manado. Berdasarkan pengujian secara parsial ditemukan bahwa kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang berbelanja secara online di Lazada.com Kota Manado.  Perusahaan sebaiknya semakin meningkatkan variabel keamanan dan kepercayaan karena berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.