PENGARUH WORK FROM HOME (WFH), BEBAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SMA N 2 MANADO

Firsta Jasel Mononimbar, Irvan Trang, Regina Trifena Saerang

Abstract


Kinerja guru ditengah pandemic covid 19 merupakan faktor penting dalam tercapainya pembelajaran dengan
efektif dan efisien. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Work From Home (WFH), Beban
Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMA N 2 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang ada di SMA N 2 Manado yang berjumlah 65 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sampling jenuh sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 65 orang responden. Analisis data menggunakan uji
F, uji t untuk pengujian hipotesis dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan
pengujian simultan ditemukan bahwa work from home, beban kerja dan kompetensi secara bersama-sama atau simultan
berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA N 2 Manado. Berdasarkan pengujian secara parsial work from home
berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kinerja guru SMA N 2 Manado. Berdasarkan pengujian secara
parsial beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kinerja guru SMA N 2 Manado. Berdasarkan
pengujian secara parsial kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kinerja guru SMA N 2
Manado. Sehingga sebaiknya instansi pendidikan semakin memperhatikan variabel work from home, beban kerja dan
kompetensi karena secara signifikan mampu meningkatkan kinerja guru.


Kata Kunci: work from home, beban kerja, kompetensi, kinerja guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.