REVIEW LITERATUR : FENOMENA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pendidikan sebagai tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa menemukan tantangan baru ketika pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 melanda. Sistem pembelajaran yang lebih banyak menerapkan proses belajar tatap muka langsung di dalam kelas atau offline harus diubah menjadi tatap muka tidak langsung atau online dengan adanya aturan atau penetapan prosedur kesehatan Work From Home dan Learn From Home untuk mencegah penularan virus Covid-19. Peluang datang bersamaan dengan tantangan dan permasalahan. Peluang belajar dengan waktu dan tempat yang lebih fleksibel dan belajar dengan cara lebih modern karena penggunakan platform digital bisa dilakukan. Akan tetapi, di saat yang sama masalah-masalah seperti tingkat stress dan motivasi belajar yang menurun juga dirasakan. Adaptasi pembelajaran baru menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan khususnya bagi universitas. Artikel ini akan mengkaji fenomena pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 khususnya bagi mahasiswa melalui kajian atau review literatur. Beberapa artikel penelitian sebelumnya dikaji untuk memahami makna pembelajaran online bagi mahasiswa selama pandemi Covid-19.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.