Digital Marketing Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran UMKM di Kota Tomohon

Anggela Aine Adam, Rudy Steven Wenas, frederik Gerdi Worang

Abstract


Konsep pemasaran merupakan strategi yang berfokus pada pasar dan dan berusaha memproduksi atau menghasilkan produk yang diinginkan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategy penggunaan sosial media sebagai digital marketing pada UMKM Kota Tomohon dan mencari solusi untuk menanggulangi kekurangan atau kelemahan yang didapati pada dihadapi UMKM pada bagian digital marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian pengusaha UMKM di Kota Tomohon. Data penelitian dikumpulkan dengan proses survey questionnaire dengan isi merupakan pertanyaan-pertanyaan mengenai penggunaan sosial media untuk promosi produk. hasil penelitian, ini menunjukan bahwa strategy pemasaran digital atau digital marketing memiliki peluang yang besar dalam peningkatan penjualan produk dan keuntungan bagi pengusaha UMKM di Kota Tomohon. Penelitian ini juga menghasilkan strategi untuk menunjang keberlangsungan UMKM yaitu dengan membuat pelatihan atau workshop kreatif untuk para pengusaha UMKM bisa lebih memaksimalkan penggunaan sosial media dalam mempromosikan produk usaha UMKM.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.