POLA BARU KOMUNIKASI PEMASARAN PROPERTI PASCA PANDEMI: SEBUAH STUDI KASUS PENELITIAN KUALITATIF PADA AKR LAND KAWANUA EMERALD CITY MANADO

Isye Ruth Angganetha Lolowang, Jourbert Barens Maramis, David Paul Elia Saerang, Lucky Otto Herman Datulong, Djurwati Soepeno

Abstract


Pasca pandemic covid-19 perekonomian Indonesia di awal tahun 2022 ini mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto beberapa lapangan usaha termasuk real estate atau properti menggambarkan bisnis ini semakin bergairah. Strategi dan cara-cara pemasaran terbaru perlu dilakukan seiring dengan perubahan perilaku konsumsi masyarakat sebagai imbas dari pandemic covid-19 ini. Terjadinya pergeseran besar lanskap komunikasi pemasaran yang dirasakan oleh AKR Land Kawanua Emerald City Manado sebagai salah satu perusahaan properti nasional berskal besar menarik untuk digambarkan dengan tujuan penelitian yaitu memahami gambaran pola baru komunikasi pemasaran properti di era pasca pandemic covid-19 sebagai suatu rujukan studi kasus penelitian bersifat kualitatif. Hasil penelitian studi kasus ini menjelaskan bahwa sebagai pola baru komunikasi pemasaran terdapat 3 langkah yaitu consumer journey, touch point, dan story and brand activation. Komunikasi pemasaran pola baru ini digambarkan melalui 7 fenomena pemasaran di era pasca pandemic, yaitu: fase discover, consider, research, decide, loyal, share, dan consumer mapping journey.

Kata kunci: Studi Kasus, Komunikasi Pemasaran, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.