PENGARUH E-WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI PRODUK KOSMETIK WARDAH (STUDI PADA MAHASISWI FEB UNSRAT MANADO PENYIMAK BEAUTY VLOGGER KOSMETIK WARDAH)

Estevina Lisbeth Katuuk, Silvya L Mandey, Jane Grace Poluan

Abstract


Industri yang semakin pesat pada era ini salah satunya adalah industri produk kecantikan. Industri produk kecantikan merupakan salah satu industri yang dinamis dan terus berinovasi setiap waktunya. Di tengah situasi pandemi, banyak perubahan terjadi pada toko kosmetik, termasuk perubahan penjualan dari toko offline menjadi penjualan dan promosi melalui media online. Tentunya perusahaan kosmetik mulai mengkonstruksi kembali strategi komunikasi pemasaran mereka.  Maka dari itu penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari strategi komunikasi pemasaran e-wom dan brand image terhadap niat beli produk kosmetik Wardah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui survey online. Penelitian dilakukan terhadap 100 mahasiswi Universitas Sam Ratulangi penyimak beauty vlogger, dengan menggunakan metode kuantitatif dan Regresi Linier Berganda sebagai alat analisis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa E-WOM dan citra merek secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif terhadap niat beli. Oleh karena itu, perusahaan merek Wardah perlu mempertimbangkan ulasan produk dari beauty vlogger.

Kata Kunci: e-wom, citra merek, niat beli.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.