PARIWISATA DAN KEUANGAN DIGITAL: KAJIAN LITERATUR

Victoria Neisye Untu, Frederik G Worang, Rudy S Wenas

Abstract


Keberadaan investasi pariwisata harus didukung dengan tersedianya digitalisasi keuangan yang bermanfaat bagi peningkatan destinasi wisata di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelaborasi semua daya upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mendapatkan dan meningkatkan pariwisata dan pemanfaatan digital keuangan di daerah tujuan wisata. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan dilakukan melalui studi literatur yang berkaitan dengan masalah yang timbul. Kebijakan yang terkait dengan hal tersebut dilaksanakan dengan memprioritaskan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sektor dalam penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mendorong dan mendukung percepatan pengembangan industri dan fokus investasi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Strategi investasi diperlukan dengan memprioritaskan kebijakan yang menonjol untuk mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung oleh keuangan digital. Destinasi wisata diharapkan mampu memperkuat daya saing destinasi dan persepsi positif pengelolaan investasi pariwisata. Terungkap bahwa investasi pariwisata di destinasi wisata masih perlu menghasilkan bauran pendapatan pariwisata dengan penggunaan digital keuangan.

 

Kata Kunci: Pariwisata, Keuangan Digital


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41478

Refbacks



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.