Pengaruh Lokasi Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warkop Kemang Manado

Mutiara Dewi Rumajar, Altje L Tumbel, Woran Djemly

Abstract


Zaman modern pada saat ini terdapat berbagai macam bisnis sebagai peluang usaha. Peluang usaha bermunculan akibat perubahan gaya hidup masyarakat yang dilihat dari pola konsumsi yang berubah. Seperti kebiasaan meminum kopi yang mulai menjamur ditengah masyarakat. Dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat tersebut, menjadikan para pelaku usaha menangkap hal ini sebagai peluang yang menguntungkan. Misalnya usaha kedai kopi (Coffe Shop) yang sudah banyak di Indonesia, terlebih khusus di Kota Manado seperti Warkop Kemang. Sehingga menyebabkan persaingan yang ketat antara pelaku usaha. Maka untuk menghadapi situasi dan keadaan yang demikian, maka Warkop Kemang harus mempunyai strategi agar dapat bertahan dan bisa bersaing dengan pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi dan atmosfer toko berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada Warkop Kemang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sampel berjumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Data diuji menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi dan atmosfer toko berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada Warkop Kemang Manado. Saran yang dapat diberikan adalah Warkop Kemang perlu memperhatikan lokasi agar bisa diakses dengan transportasi umum dan atmosfer toko yang harus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi agar dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.