ANALISIS KUALITAS PRODUK HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. AIR MANADO

Ratih Mirpay Suwikromo, Agus Supandi Soegoto, Imelda W.J Ogi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Air Manado, untuk mengetahui pengaruh parsial Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan, untuk mengetahui pengaruh secara parsial Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, dan untuk mengetahui pengaruh parsial Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Air Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner dengan menggunakan sampel yaitu pelanggan di PT Air Manado yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Kualitas pelayanan (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di PT Air Manado. Kualitas Produk (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y), Kualitas Pelayanan (X3) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) di PT Air Manado.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.