PENERAPAN TARGET COSTING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN LABA PADA UMKM SUMARU ENDO DI MASA PANDEMI COVID-19

Yolanda Theresia Nangoy, Victorina Z Tirayoh, Syermi S.E Mintalangi

Abstract


Abstrak: UMKM membutuhkan suatu metode yang dapat membantu mereka dalam menghadapi persaingan untuk mencapai tujuan dalam memaksimalkan laba di masa pandemi covid-19, salah satunya yaitu dengan penerapan target costing sebagai metode penentuan biaya produksi di mana perusahaan terlebih dahulu menentukan biaya produksi yang harus dikeluarkan berdasarkan harga yang kompetitif, sehingga perusahaan dapat memperoleh laba yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode target costing sebagai alat bantu peningkatan laba produksi pada UMKM Sumaru Endo di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perusahaan menerapkan target costing dapat digunakan untuk peningkatan laba pada UMKM Sumaru Endo di masa pandemi covid-19. Hal tersebut dapat dilihatĀ  dari perbandingan total laba yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkannya target costing. Perusahaan sebaiknya menerapkan metode target costing karena sudah terbukti mampu meningkatkan laba perusahaan di masa pandemi covid-19.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.