PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Allan Christopher Rumambi, Djurwati Soepeno, Jeffry L. A. Tampenawas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada Black Cup Coffee and Roastery. Informan kunci dalam penelitian ini adalah pengelola dan pelanggan Black Cup Coffee and Roastery. Teknik analisis data dimulai dengan mengidentifikasi, pemberian bobot, skor dan nilai komponen matriks IFAS dan EFAS lalu dimasukkan dalam matriks SWOT dan matriks IE. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi internal Black Cup mempunyai kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan faktor kelemahan dan dalam kondisi eksternal Black Cup mempunyai ancaman yang lebih besar dibandingkan dengan faktor peluang. Analisa Matrik IE (Internal Eksternal) memperoleh hasil, yaitu Black Cup ditempatkan pada sel V yang disebut strategi Tumbuh dan Membangun. Sel rata-rata untuk matriks IFE dan sel sedang untuk matriks EFE. Pada posisi ini, Black Cup sebaiknya melakukan strategi intensif dan strategi integratif. strategi intensif meliputi penetrasi pasar dengan memperluas market share melalui usaha pemasaran/promosi, pengembangan pasar dengan memperluas pangsa pasar secara geografis merupakan wilayah baru dan pengembangan produk dengan cara memodifikasi produk, hal ini umumnya dilakukan saat produk telah berada pada posisi jenuh. Strategi integratif yaitu integrasi ke depan dengan mengkonsolidasikan café di luar wilayah pasar Black Cup (Kota Manado) untuk menjadi konsumen bubuk kopi yang diolah oleh Black Cup, integrasi ke belakang dengan melakukan kontrak supplier dengan pemasok dan jika bisa mencari alternatif supplier lain yang dapat memasok bahan baku dengan tingkat kualitas minimal sama dengan harga yang lebih murah dan integrasi horizontal dengan membentuk koperasi dengan pesaing yang dapat mengkonsolidasikan kekuatan dan upaya menciptakan iklim persaingan yang sehat.

Kata Kunci: Strategi pemasaran, keunggulan bersaing, swot


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.