PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EMOTIONAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA 71 COFFEESHOP MANADO

Jimmy Jehosua Wungkana, Maryam Mangantar, Joy Elly Tulung

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Marketing terhadap Loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah berkunjung dan membeli di 71 Coffeeshop Manado, dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi dan determinasi, uji F dan uji T. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Experiential Marketing dan Emotional Marketing berpengaruh secara bersama-sama terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara parsial Experiential Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara parsial Emotional Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Experiential Marketing dan Emotional Marketing berpengaruh sebesar 42,1% terhadap Loyalitas Pelanggan bagi pihak 71 Coffeeshop Manado dengan melihat hasil penelitian dari skripsi dapat lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat mendatangkan keuntungan yang lebih misalnya seperti Experiential Marketing dan Emotional Marketing dalam upaya-upaya untuk memajukan usahanya, faktor-faktor seperti yang diatas tentunya faktor yang sering tidak terlihat upayanya tetapi dapat mendatangkan manfaat yang lumayan besar bagi pihak 71 Coffeeshop Manado.

Kata Kunci: Experiential marketing, emotional marketing, loyalitas pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.42774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.