PERSEPSI, SIKAP, DAN MOTIVASI HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE

Arthur Adilang, Sem G. Oroh, S. Moniharapon

Abstract


Pertumbuhan pengguna internet dalam beberapa tahun terakhir meningkat dengan sangat pesat. Peningkatan jumlah pengguna internet juga dibarengi dengan peningkatan penghasilan pertahun serta peningkatan tingkat pengeluaran pribadi. Faktor psikologis pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Persepsi, sikap, motivasi hedonis terhadap keputusan pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.047 Mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi, sampel dari penelitian ini adalah 50 orang responden yang aktif melakukan transaksi belanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi, sikap, motivasi belanja hedonis berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian. Disarankan bagi penjual yang berkecimpung dalam usaha belanja online agar memperhatikan faktor-faktor psikologis pribadi, sehingga konsumen akan merasa puas dan akan kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang.

Kata kunci: persepsi, sikap, motivasi belanja hedonis, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.4351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.